BMKG Kembali Meraih Opini WTP atas Laporan Keuangan Tahun 2018

Jakarta – BMKG kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian dari Badan Pemeriksa Keuangan RI (BPK RI) berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga (LKKL) Tahun 2018. Dengan demikian, BMKG berhasil mempertahankan opini WTP selama 4 tahun berturut-turut.

Penyerahan LHP LKKL diserahkan oleh Anggota I BPK, Agung Firman Sampurna di Auditorium Badan Diklat BPK RI Kalibata, Kamis (20/6) dan diterima secara langsung oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati.

Dalam sambutannya, Anggota I BPK RI, Agung Firman Sampurna menyampaikan bahwa pemeriksaan laporan keuangan kementerian/lembaga merupakan satu dari 3 jenis pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK RI. BPK menetapkan 4 (empat) kriteria dalam pemberian opini, yaitu :

  1. Kesesuaian Laporan Keuangan dengan Standar Akuntansi Pemerintah (SAP)
  2. Efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI)
  3. Kecukupan pengungkapan informasi keuangan dalam laporan keuangan
  4. Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan terkait pengelolaan keuangan negara dan pelaporan keuangan

Menurut opini BPK, laporan keuangan BMKG tahun 2018 menyajikan wajar, dalam semua hal yang material, posisi keuangan BMKG tanggal 31 Desember 2018, dan realisasi anggaran, operasional, serta perubahan ekuitas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut, sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan.

Agung menambahkan, opini WTP tahun ini bukanlah jaminan untuk mendapatkan opini yang sama di tahun berikutnya. Oleh karena itu, setiap Kementerian / Lembaga diharapkan bisa terus mengupayakan peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara.

Dalam agenda ini, turut hadir Kepala Biro Umum dan SDM BMKG, Yusuf Supriadi dan Inspektur BMKG, Suko Prayitno Adi serta para pejabat eselon III dan IV terkait.

Author: Muhammad Syamsudin